Kamis, 17 Januari 2013

Rurouni Kenshin (J-Movie Review)

7. Rurouni Kenshin

A new full-length trailer for the live action “Rurouni Kenshin” movie is now online in glorious HD: http://www.cityonfire.com/rurouni-kenshin-the-motion-picture/

Akhirrrnyaaa, kesempetan juga ngeposting review live action movie satu ini.
Jelas udah nampang gede diatas judulnya, Rurouni Kenshin atau biasa pas jaman bocah tau nya Samurai X. Salah satu manga dan serial anime populer di Jepang yang sudah di tunggu banget para penggemarnya untuk di live-action kan. Dan, inilah, jreeng-jreeng, filmnya udah bisa di tonton secara resmi sejak tangal 25 Agustus 2012 lalu.
"Hmm, film nya ngecewain gak ya??" Mungkin udah jadi fikiran banyak penggemar live-action movie, juga penggemar film ini. Tapi eitsss, disini aku bakal nge-review abisss tentang film yang aku kasih kata pembukanya *biar semangat* :
"Best Japanese Live-Action Movie As This Far!"

* Sinopsis :
Pada tahun 1868, setelah berakhirnya perang Bakumatsu, mantan pembunuh legendaris, Himura Kenshin (Sato Takeru) yang dikenal tadinya dikenal dengan julukan Hitokiri Battousai berjanji untuk membela orang-orang yang membutuhkan tanpa membunuh dan mengembara ke Jepang. Bahkan dia berkelana di Tokyo pada tahun ke-11 dari Meiji dengan dengan pedang (Katana) barunya, pisau terbalik (Reverse-Sword) selama transisi dari era samurai ke era baru itu. Era dimana samurai tidak boleh berkeliaran, membunuh sana-sini lagi.


(Himura Kenshin yang di perankan oleh Sato Takeru *mirip!*)

Dalam perjalanannya, Kenshin bertemu dengan Kaoru Kamiya (Emi Takei), seorang asisten instruktur dan pada sebuah dojo (Kamiya Kasshin-ryu) milik ayahnya yang terbunuh dulu oleh seorang samurai.
Awalnya Kaoru menyerang Kenshin, karena dia kira Kenshin adalah Battousai jahat yang dicari-cari penduduk. Tapi, begitu Kenshin menunjukan kalau Katana miliknya berbeda dengan Battousai, yaitu mata terbalik, Kaoru percaya kalau Kenshin bukan orang jahat.
Kaoru pun menceritakan kejadian meninggalnya sang ayah karena tindakan Battousai jahat itu, juga sekolah pedangnya pun ternodai oleh Battousai jahat yang mengklaim dirinya adalah Hitokiri Battousai.

Suatu hari Kenshin menolong Kaoru melindungi dojo nya yang diserang oleh kumpulan bandit-bandit jahat, Kenshin sempat di tahan oleh polisi karena di duga membuat kekacauan di masyarakat. Disana, Kenshin bertemu teman lamanya, Hajime Saito (Yosuke Eguchi). Saito pun mengajak duel Kenshin, begitu dia masih mendengar kalau Kenshin akan tetap memegang janjinya untuk tidak membunuh orang lagi.

Saito : Apa kau bisa melindungi orang lain tanpa menggunakan pedangmu itu? Tanpa membunuh orang?
Kenshin : Ya, akan aku tunjukan

Duel kali ini di menangkan Saito, dia masih ingin menyadarkan Kenshin kalau janjinya itu cuma janji bodoh.

"We live by the sword. Die by the sword"-Hajime Saito

Tapi setelah itu Kenshin di bebaskan. Dan diajak tinggal di dojo, karena Kaoru tau Kenshin tidak punya tempat tujuan lain.

Disisi lain, Takani Megumi (Yuu Aoi) seorang dokter yang tersisa dari keluarga Takani, harus bekerja menjadi pembuat opium di bawah kekuasaan Kanryu Takeda (Teruyuki Kagawa).
Tapi setelah Megumi melihat dengan mata kepala sendiri, 5 orang partnernya di bantai habis oleh body guard  Kanryu, Megumi memutuskan untuk kabur dari kerajaan Kanryu. Dia takut suatu hari nyawanya juga akan terancam kalau terus berada disana, di rumah setan itu.
Megumi kabur dan berlindung di kantor polisi, namun ternyata Kanryu mengirim battousai nya, Udo Jine (Koji Kikkawa) untuk menyeret balik dirinya.
Semua polisi disana di bantai habis oleh Jine, tapi Megumi berhasil melarikan diri lagi. Kali ini dia benar-benar tegang harus lari kemana. Di tengah jalan, Megumi bertemu dengan Yahiko Myojin (Taketo Tanaka) yang hendak mencari Kaoru. Dia memohon pada Yahiko agar membawanya bersembunyi.
Di dojo, Kenshin pun bertemu dengan Yahiko juga Megumi.

Tak lama, pencarian Megumi masih berlangsung.
Bahkan kini cerita tentang Kenshin yang berhasil menumbangkan kumpulan bandit-bandit jahat dengan mudah terdengar ke telinga Kanryu. Kanryu hendak membayar Kenshin untuk menjadi body guardnya. Tapi Kenshin menolak. Datanglah Sanosuke Sagara (Munetaka Aoki) menawarkan diri untuk menggantikan Kenshin menjadi body guardnya. Sanosuke menantang Kenshin untuk berduel, agar Kanryu lihat kalau dia juga tangguh. Namun, lagi-lagi Kenshin menang duel bahkan dia menyadarkan Sano untuk tidak bekerja pada orang seperti Kanryu.
Kemarahan Kanryu begitu besar, karena penolakan Kenshin menjadi body guardnya juga karena identitas Kenshin sebagai the real pembunuh legendaris, Hitokiri Battousai yang di bongkar Sano.

Keberadaan Megumi pun di ketahui oleh salah satu body guard Kanryu, Gein (Gou Ayano). Dia mengancam kalau Megumi tidak kembali, kawasan dojo ini akan menderita.
Dan hari itu pun terjadi, warga setempat dojo mengalami keracunan air ulah Kanryu.

  

(Suasana saat penduduk sekitar dojo keracunan)

Megumi sadar ini karena dirinya, dia pun berusaha maksimal untuk menyembuhkan semua warga tersebut.
Setelah racun ternetralisir, Megumi pun kembali ke Kanryu. Bukan ingin kembali bekerja, tapi membunuh Kanryu. Namun, apa daya seorang Megumi melawan body guard lainnya.
Akhirnya Megumi pun di sandera, di jadikan umpan agar Kenshin datang kemari. Dan saat itulah Kanryu akan menghabiskan Kenshin.

Sesuai rencana, Kenshin berangkat dengan Sano di malam hari, menyerbu kerajaan Kanryu yang di jaga ketat oleh pengawalnya yang berjumlah ratusan.


(Kenshin dan Sanosuke saat menyerbu kerajaan Kanryu)

Tapi, dengan kelihaiannya sebagai Battousai juga Sano, semua berhasil ditumbangkan.
Kanryu pun berhasil di tahan setelah pertempuran 1 lawan satu antara, Sano dengan Banjin Inui (Genki Sudo), dan Kenshin dengan Gou.
Begitu Kenshin juga berhasil melepas Megumi, ternyata ini hanya tipuan untuk memancing amarahnya. Rencana Jine sebenarnya adalah menyandera Kaoru. Jine akan membangkitkan amarah Kenshin agar dia mau menghancurkan janjinya dan membunuh orang lagi.


(Pertarungan akhir melawan Jine)

Setelah pertarungan akhir melawan Jine, Kenshin memang sempat akan membunuh Jine, tapi Kaoru memohon dan kembali menyadarkan Kenshin untuk ingat akan janji baiknya, agar mau berhenti menjadi pembunuh seperti dulu. Mengingatkan Kenshin akan impiannya menciptakan damai dan era yang lebih baik.
Namun, akhirnya Jine lah yang membunuh dirinya sendiri.

  

(Semua pemain inti Rurouni Kenshin)


* Opini Ramen :

"The Live-Action Rurouni Kenshin Movie is a Nearly Perfect Film Adaptation" - Richard Eisenbesi, Kotaku.com
Sebuah ungkapan yang sangat tepat buat ngewakilin opini untuk film satu ini.
Sebuah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang awalnya muncul di Weekly Shonen Jump Shueisha sejak tanggal 11 April 1994 hingga 4 November 1999 itu benar-benar dibuat hidup kembali.
Setelah selama ini kita lupa akan sosok Kenshin, salah satu karakter anime favorit saat kecil, kini saat kita udah gede seolah di bangkitin lagi rasa suka kita sama karakter satu ini. Kita dibuat mengenang masa dulu saat kecil *berhasil deh strategi nya*

Untuk soal kualitas film, beuuuh~ kombinasi keren antara barat dan jepang. Soalnya film ini di produksi oleh Warner Bros, tapi Director nya tetep orang jepang asli, Keishi Otomo.
Scenes fighting, music (soundtrack), choreographycasting sama plot nya saya kasih standing applause!
Kereeen abiss! Dari scene awal film ini mulai udah langsung diliatin pertarungan pas perang Bakumatsu. Dari sana aku jadi tau kalo scenes fighting di film ini bener-bener bakal keren-keren. Pengambilan gambarnya tajam! Di tambah bantuan musik yang ngena dan bikin negangin banget. Choreography? Suka banget tiap kali bagian berantem nongol. Style fighting mereka cool abis. Kadang ada slow motion nya, dan koreografi yang jempolan bener-bener nyempurnain setiap scenes fighting nya~ *salah satu best choreography di film ini menurut saya pas Kenshin dan Sano nyerbu kerajaan Kanryu. Gerakan Kenshin yang pas penyerbuan di halaman kerajaan, pas dia lari kenceng dalam keadaan badan dan kakiknya miring* #nganga

Cast. Awalnya pas tau yang meranin Kenshin Sato Takeru *waktu itu belom tau namanya* satu kalimat yang keluar, "Iiiih, jelek amat!" #plak #dikeroyokmassa
Bener-bener ngerasa bakal kecewa berat ama filmnya nanti. Tapi, begitu aku nonton Bloody Monday, disana ada Takeru-san meranin Otoya yang jadi sahabat Takagi, saya mulai suka sama dia deh #kikikikikk
Dan pas nonton ni film, baru nyadar "Eeeh, ini kan Otoya? Waahh, kok keren, yak?" #dikeroyoklagi
Untuk pemain yang lain, sama, pas awalnya rada-rada protes "Kok si ini sih? Kenapa enggak si itu, si onoh, si ini~", salah satunya Kenshin, gara-gara nonton duluan J-drama Samurai High School, yang meranin Miura Haruma, aku jadi ngarepnya dia yang main di film ini lagi *secara, dia udah gantengs #plak, aktingnya bagus, udah pernah meranin jadi samurai sebelumnya, dan rambutnya sempet warna coklat juga*.
Tapi, pas udah nonton langsung ni film, aku tarik balik kata-kata kemaren, akting dan sosok Takeru emang Kenshin banget. Dan katanya, salah satu alesan kenapa Takeru yang kepilih ; rambut dia yang merah dan mirip Kenshin, gerak-gerik badan yang udah beneran mirip meski di kehidupan nyata *jadi makin bikin kayak natural nantinya*, dan cara dia ngomong "Oro?" *itu tuh, logat karakternya nya si Kenshin* yang pas banget.

Soal Official Soundtrack, aku kira mereka bakal pake lagu "Heart of Sword" nya T.M Revolution yang emang tadinya udah jadi OST anime Samurai X, tapi ternyata mereka pake nya "The Beginning-One Ok Rock"
Tapi intinya, teteplah, film ini keren abis! Bahkan katanya film yang udah di rilis sejak 25 Agustus 2012 lalu berhasil meraup keuntungan pendapatan sebanyak 399.530.400 yen atau sekitar 5 juta-7 juta dolar amerika dari 424.143 tiket yang terjual habis.
"A perfect masterpiece of live-action movie"-Ramen

* Download link OST Rurouni Kenshin :
- OST Rurounin Kenshin live : http://www.4shared.com/get/whBdiIsi/ONE_OK_ROCK_The_beginning.html;jsessionid=493D7A0D6D4ACA360625989FF65E0FEB.dc332
- OST Samurai X (anime) :
http://www.4shared.com/get/VuZ3qn6s/TM_Revolution_--_Heart_Of_Swor.html

Rate : 5 out of 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar