Rabu, 20 Februari 2013

5 Alasan Pilih Drama Jepang

Yapp, sesuai dengan judul diatas. Kali ini aku mau ngebahas tentang 5 Alasan pilih Drama Jepang.
Kalo di liat-liat, emang sih J-drama itu gak sepopuler K-drama, tapi mereka punya tempat tersendiri di hati para penggemar J-drama di seluruh pelosok negara *salah satunya aku* :3
Berikut beberapa alesan ku, kenapa milih drama jepang :

1. Penuh Pesan Bermakna/Bermoral
Inilah poin pertamaku. Yap, banyaaaaakk rentetan J-drama yang di dalamnya terkandung pesan moral/bermakna. Dari segi apa? Waah, banyak! Kehidupan, pendidikan, persahabatan, keluarga, percintaan dan sosial. Salah satu nya ; 1 Litre of Tears (kehidupan), Seito Shokun!, Dragon Zakura, Gokusen (pendidikan, sekolah), Aikurushii, Kaseifu no Mita (keluarga), Koizora, Akai Ito (percintaan) Love Shuffle, Tantei Gakuen Q, Hana Kimi (percintaan, persahabatan)

2. Alur Cerita yang Beda dan Menarik
Kalo pesan moral dan bermakna aja udah masuk, menarik pun otomatis masuk daftar.
Yapp, salah satu kelebihan drama jepang menurutku adalah alur ceritanya yang beda dari yang lain, serasa enggak pasaran dan sering alur atau endingnya enggak kebaca sama para penontonnya, jadi kita di bikin gregetan untuk nontonin film tersebut sampai selesai.
Cerita-cerita yang bermoral pun enggak hanya di sampaikan secara boring *baca : film serius* tapi juga dalam genre humor. Wah, gimana ceritanya genre humor penuh moral?
Contohnya, Gokusen. Kita dibikin ketawa plus nangis sama drama satu ini. Ketawa karna kocak, nangis karna drama nya mengharukan *baca : penuh makna*
Genre romantis nya gimana? Eittss, jangan salah! Drama jepang juga punya beberapa rentetan film romantis yang berhasil bikin para penontonnya nangis dengan berbagai pose #nahloh?
Contohnya : Koizora, Hanamizuki, Bokura ga Ita, Akai Ito.

3. Jumlah Episode yang Irit Waktu
Oh yeah! Ini salah satu kelebihan lainnya. Enggak ngabisin banyak waktu alias irit!
Berdasarkan penelurusan aku, drama jepang biasanya menghabiskan satu judul filmnya hanya dengan minimal 11 episode dan maksimal 13 episode. Cepet kan?
Selain kita enggak perlu lama-lama ngabisin waktu buat nonton drama jepang, mereka juga jadi membuat alur cerita nya serasa padat dan enggak boros karakter atau adegan. Yap, semua terasa di paketin dalam satu judul drama yang pas! Enggak bertele-tele tapi berkesan.

4. Aktor/Aktris yang Good Looking dan Berkualitas
Haha, salah satu alasan banyak orang, dan mayoritas fangirls untuk setiap asian drama *salah satunya sayaa*
Jangan kira jepang enggak punya dua kategori diatas. Banyak aktor dan aktris jepang yang selain tampang yang mereka punya, tapi kualitas juga. Enggak hanya senior, junior pun juga. Siapa itu? Hmm, contohnya : Aktor >> Miura Haruma (Koizora, Bloody Monday), Tamaki Hiroshi (Nodame Cantabile, Love Shuffle), Kenichi Matsuyama (Death Note, Detroit Metal City), Kamiki Ryunosuke (Tantei Gakuen Q, SPEC), Sato Takeru (Rurouni Kenshin, Kamen Rider Den-O), Shun Oguri (Hana Kimi, Rich Man Poor Woman), Ikuta Toma (Hanamizuki, Bokura ga Ita).
Aktris >> Ueno Juri (Nodame Cantabile, Friends), Yui Aragaki (Koizora, Hanamizuki), Toda Erika (Death Note, SPEC), Emi Takei (Rurouni Kenshin, Taisetsu na Koto--), Shida Mirai (Seigi no Mikata, Shokojo Seira), Horikita Maki (Hana Kimi, Atashinchi no Danshi).
Enggak percaya? Liat dan tonton aja sendiri~ :3

5. Film yang Berkualitas
Cukup banyak drama dan film jepang yang berhasil menyabet penghargaan dan go international yang menunjukan bahwa jepang memiliki kualitas yang bagus. Contohnya :
* Rurouni Kenshin (Memang bukan termasuk drama, melainkan movie. Tapi tetap, ini karya jepang yang berhasil di tayangkan sampai ke sekitar 73 negara dan meraup pendapatan sekitar 399.530.400 yen atau 5-7 juta dolar amerika dari 424.143 tiket resmi yang terjual habis sejak 25 agustus 2012 lalu.
* Hanamizuki (Bukan pula drama, tapi Movie, dimana pemainnya ; Ikuta Toma sebagai main role berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Newcomer di ajang film paling bergengsi di Jepang, Blue Ribbon Award karna film ini. Serta film ini juga memenangkan award di ajang Hawaiian International Film Festival)
* Hana Yori Dango (Drama dengan Inoue Mao sebagai main role yang berhasil membuatnya mendapat penghargaan Rookie of The Year. Drama adaptasi manga dengan judul yang sama ini juga menuai banyak popularitas. Secara, drama ini juga di buat dalam 3 versi ; Meteor Garden (Taiwan), Boys Before Flower (Korea). Dan 3 versi tersebut pun sama-sama menjadi drama populer yang terkenal hingga keluar negara masing-masing)
* Nodame Cantabile (Drama yang berhasil menyabet 5 prestasi sekaligus pada Penghargaan Drama Televisi ke-51, dengan kategori ; Drama Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Opening Drama Terbaik dan Aransemen Musik Terbaik.
Enggak hanya sukses di jepang, drama yang dibuat hingga 4 sekuel ini juga berhasil sukses menuai popularitas di Hongkong serta Korea Selatan)
* Hana Kimi (Drama jepang sukses lainnya yang juga sampai di buat dalam 3 versi ; Taiwan, Korea dan Jepang yang diadaptasi dari manga populer dari jepang. Saking suksesnya, drama ini juga sempat di re-make menjadi lebih fresh, sehingga para fans nya bisa menikmati drama ini lagi dalam tampilan yang beda tapi lebih menarik. Dan kabarnya, Hana Kimi versi jepang ini berhasil merebut perhatian para penonton sebagai versi Hana Kimi terbaik)

Oke deh, itulah 5 Most Reasons Why Choose Japanese Drama versi aku, selaku J-drama lover :3
Berharap banget, drama jepang bisa banyak masuk dan di siarin di tv channel indonesia.
Selain emang bagus-bagus, juga biar banyak pula yang tau kalau kualitas drama jepang enggak kalah dengan yang lain, *bahkan punya kelebihan tertentu* #Ramen

4 komentar:

  1. Sepakat, aku suka dg plot cerita j-drama yg nggak mudah ketebak, genrenya bervariasi jadi mau nyari cerita tentang apa juga ada, episode nya nggak terlalu banyak kayak sinetron, cerita to the point, singkat, padat, jelas, bikin penasaran, bikin ketagihan, dan ending gak maksa. kalo uda waktunya tamat ya tamat,, inspiratif dan kreatif lah.
    aktor/aktrisnya total..
    oya, yg aku suka di jdrama gak ada tokoh antagonis.. setiap manusia memiliki sisi positif dan negatif

    seharusnya jdrama lebih banyak disiarin di indonesia, spy menginspirasi sinetron2 biar gak bertele2.

    BalasHapus
  2. Iyapp :D *toss*
    Jadi seolah bener2 nunjukin sosok manusia realita-nya, yg pastinya punya sisi negatif dan positif~

    Setuju beraaatt! XD
    Bukan maksud nyingkirin sinetron negara sendiri, tapi biar mungkin bisa nginspirasi untuk bikin sinetron yang lebih bagus dan berkualitas lagi :D

    BalasHapus
  3. setuju banget
    tapi aku lebih banyak tahu ttg anime sma komik'a dripda movie and drama :D
    pkoknya entertaiment jepang gk ada bosennya
    kocak, detektif, love story, persahabatan, pertengkaran smua jdi satu
    ending yg gk bsa ktebak. aku geregetan nnton anime clannad after story krna slah nebak ending

    kak kapan-kapan post anime jepang dong.....

    BalasHapus
  4. thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2QMOMxw

    BalasHapus